Monday, January 25, 2016

8 SMP EKO: KETENAGAKERJAAN


8 P (SEMESTER II UH.1 2016)

EKO: KETENAGAKERJAAN


1.       Mengapa tenaga kerja mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan?
Karena tenaga kerja sebagai pelaku pembangunan.

2.       Mengapa masalah ketenagakerjaan merupakan masalah yang begitu nyata dan dekat dengan lingkungan kita?

Karena masalah ketenagakerjaan dapat menimbulkan masalah-masalah baru di bidang ekonomi maupun non-ekonomi. Misalnya, tingkat pengangguran yang tinggi menyebabkan rendahnya pendapatan yang selanjutnya akan memicu tindakan kriminal.

3.       Angkatan kerja terdiri dari tenaga kerja yang bekerja dan sedang mencari kerja.

4.       Angkatan kerja adalah penduduk laki-laki dan perempuan pada usia produktif (15-65tahun) yang sedang bekerja ataupun fuat cepat sedang mencari pekerjaan.

5.       Syarat-syarat angkatan kerja yaitu penduduk yang selama seminggu sebelum dilakukan sensus penduduk telah mempunyai suatu pekerjaan, baik bekerja maupun sementara tidak bekerja.

6.       Tenaga kerja menurut UU No.13 tahun 2003 adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa, baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.

7.       Batas usia tenaga kerja di Amerika Serikat adalah minimal 16 tahun, di India minimal 14-60 tahun, dan di Indonesia minimal 15-65 tahun.

8.       Tenaga kerja terdiri atas angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

9.       Angkatan kerja terdiri atas:
a.       golongan yang bekerja
b.      golongan yang menganggur dan mencari kerja.

10.   Kelompok bukan angkatan kerja terdiri dari:
a.       Golongan yang masih sekolah
b.      Orang yang mengurus rumah tangga
c.       Golongan penerima pendapatan (jompo, pensiun)

11.   Kelompok bukan angkatan kerja juga disebut sebagai angkatan kerja potensial, karena golongan tersebut sewaktu-waktu dapat menawarkan jasanya untuk bekerja.

12.   Bekerja adalah kegiatan untuk mendapatkan penghasilan atau keuntungan minimal 1 jam dalam seminggu.

13.   Bekerja menurut jam kerjanya:
a.       Bekerja penuh: lebih dari 35jam/minggu
b.      Setengah menganggur: 14-35jam/minggu
c.       Penganggur kritis: kurang dari 14jam/minggu

14.   Kesempatan kerja adalah jumlah lowongan kerja yang tersedia di fuat cepat dunia kerja untuk angkatan kerja.

15.   UUD 1945 pasal 27 ayat 2 menjelaskan bahwa: tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.

16.   Cara untuk memperluas kesempatan kerja:
a.       Kursus mketerampilan
b.      Wajib belajar 12 tahun
c.       Berwirausaha dalam berbagai bidang
d.      Mendirikan berbagai macam usaha

17.   Pengangguran adalah penduduk yang berada pada usia kerja yakni 15-65 tahun yang sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkan pekerjaan.

18.   Pengangguran menurut sebab terjadinya:
a.       Pengangguran struktural: terjadi karena perubahan dalam struktur perekonomian. Contoh: suatu negara mengembangkan perubahan dari pola agraris menjadi pola industrial, sehingga banyak petani yang menjadi pengangguran.
b.      Pengangguran friksional: terjadi karena kesulitan sementara dalam mempertemukan pencari kerja mdengan lowongan kerja. Contoh: Udin sudah lulus kuliah, untuk msementara ia menganggur karena sedang mencari pekerjaan yang sesuai. Pengangguran friksional terjadi karena:
                             i.      Kondisi geografis
                           ii.      Informasi yang tidak sempurna
                          iii.      Proses perekrutan yang lama
c.       Pengangguran musiman: terjadi karena pergantian musim. Contoh: buruh tani, saat musim tanam memiliki pekerjaan tetapi setalah musim tanam selesai mereka menjadi pengangguran.
d.      Pengagguran teknologi: terjadi karena penggunaan teknologi modern, sehingga mengurangi penggunaan tenga kerja. Contoh: gardu toll otomatis mengurangi petugas di gerbang toll.
e.      Pengguran konjungtur: terjadi karena perubahan kegiatan perekonomian suatu negara sehingga sering mengalami perubahan permintaan. Contoh: saat krisis ekonomi tahun 1998 perekonoman anjlok dan permintaan turun, sehingga terjadi banyak pengangguran.
f.        Pengangguran normal: belum mendapat pekerjaan karena pendidikan dan keterampilan yang kurang memadai. Contoh: Otong tidak taman SMP sehingga ia sulit untuk mmendapatkan pekerjaan.

19.   Pengangguran menurut aktivitas subjeknya:
a.       Pengangguran terselubung: terjadi karena tenaga kerja yang bekerja tidak secara optimal . contoh: suatu pekerjaan cukup dilakukan 3 orang, tetapi dilakukan oleh 5 orang. Sehingga 2 orang tersebut adalah pengangguran tapi tidak kentara.
b.      Pengangguran terbuka: tenga kerja yang benra-benar tidak memiliki pekerjaan. Penyebabnya:
                             i.      Tidak tersedia lapangan kerja
                           ii.      Tidak sesuai dgn latar belakang pendidikan
                          iii.      Tidak berusaha untuk mencari pekerjaan
c.       Pengangguran setengah menganggur: tenaga kerja yang am kerjanya kurang dari 35jam/minggi

20.   Penyebab pengangguran:
a.       Aspek kependudukan: pertumbuhan penduduk yang cepat menyebabkan banyak pengangguran dan meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.
b.      Aspek ekonomi: ketidak stabilan kondisi ekonomi, politik, dan keamanan negara menyebabkan terjadi pengangguran.
c.       Aspek pendidikan: pendidikan harus mampu menghasilkan SDM yang berkualitas, karena dunia usaha mencari tenaga kerja yang berpendidikan dan berketerampilan tinggi.

21.   Dampak pengangguran:
a.       Pertumbuhan ekonomi terhambat
b.      Pengahasilan pajak negara (PPh) menurun
c.       Kerawanan sosial
d.      Standar kehidupan yang menurun
e.      Kemunduran mental
f.        Terjadinya tindakan kriminal

22.   Cara mengatasi pengangguran:
a.       Menyelenggarakan pameran bursa kerja
b.      Mendorong peningkatan kualitas pendidikan
c.       Memberikan informasi lowongan kerja
d.      Mendirikan pusat pelatihan keterampilan
e.      Meningkatkan program fuat cepat transmigrasi

23.   Peranan pemerintah dalam upaya penanggulangan masalah tenaga kerja menurut UUD 1945 pasal 27 ayat 2 dan UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yaitu:
a.       Aspek pendidikan: meningkatkan muru tenaga kerja
b.      Aspek hukum: membuat perangkat hukum yang mengatur tentang ketenagakerjaan
c.       Aspek kependudukan: elaksanakan program transmigrasi
d.      Aspek ekonomi: pengeluaran pemerintah untuk pembangunan dan invetasi
e.      Menciptakan program padat karya
f.        Melakukan pembinaan kewirausahaan
g.       Menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP)
h.      Peningkatan pengiriman tenaga kerja ke luar negeri


24.   Selesai..lanjut ke soal:



8 SMP P UH.1 S II
EKO: KETENAGAKERJAAN


1.       Dampak sosial yang disebabkan pengangguran yaitu ...
a.       Meningkatkan pengeluaran negara
b.      Kriminalitas semakin meningkat
c.       Pendapatan per kapita menurun
d.      Daya beli masyarakat menurun
2.       Penduduk yang sudah memasuki usia kerja, baik yang sudah bekerja atau belum disebut ....
a.       Usia produktif                                c. calon tenaga kerja
b.      Sumber daya manusia                d. angkatan kerja
3.       Para buruh tani sawah banyak yang tidak mempunyai  pekerjaan lagi pada waktu tanaman padinya menghijau karena hanya menunggu masa panen. Keadaan demikian menyatakan bahwa buruh tani tersebut temasuk golongan pengangguran ....
a.       Terselubung                   c. musiman
b.      Siklikal                                              d. friksional
4.       Mutu tenaga kerja dapat ditingkatkan dengan cara-cara di bawah ini, kecuali ....
a.       Menaikkan gaji para pekerja
b.      Memperbanyak sekolah kejuruan
c.       Memperbanyak balai latihan kerja
d.      Memperluas kesempatan kerja
5.       Apabila jumlah penduduk semakin meningkat sedangkan pendapatan nasional tetap, maka kemungkinan yang akan terjadi adalah ....
a.       Meningkatkan kriminalitas
b.      Menurunkan pendapatan per kapita
c.       Menurunnya pertumbuhan ekonomi
d.      Menurunkan daya beli masyarakat
6.       Usaha pemerintah terkait dengan upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja adalah ....
a.       Mengadakan proyek padat karya
b.      Mengadakan program transmigrasi
c.       Mengadakan program mekanisasi industri
d.      Mengadakan pelatihan tenaga kerja
7.       Yang merupakan usia produktif tenaga kerja adalah ....
a.       15 tahun ke atas            c. 15-65 tahun
b.      15-60 tahun                     d. 60 tahun ke bawah
8.       Yang bukan termasuk angkatan kerja adalah ....
a.       Upin berusia 20 tahun merupakan seorang mahasiswa semester akhir
b.      Udin berusia 22 tahun merupakan seorang anggota kepolisian
c.       Otong berusia 30 tahun merupakan seorang petugas keamanan bank
d.      Obet berusia 25 tahun merupakan seorang guru
9.       Yang bukan merupakan usaha pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran adalah ....
a.       Mengirim tenaga kerja ke luar negeri
b.      Menaikkan pajak penghasilan (PPh)
c.       Membangun pusat pelatihan kerja
d.      Memperbaiki mutu pendidikan
10.   Bukti pemerintah serius dalam mengatasi masalah tenaga kerja adalah ...
a.       Meningkatnya jumlah pengangguran
b.      Meningkatnya kriminalitas
c.       Meningkatnya jumlah siswa putus sekolah
d.      Banyak tnaga kerja yang merupakan lulusan SMK
11.   Hubungan antara tenaga kerja dengan angkatan kerja adalah ....
a.       Angkatan kerja bagian dari bukan angkatan kerja
b.      Angakat kerja bukan bagian dari tenaga kerja
c.       Tenaga kerja bagian dari angkatan kerja
d.      Tenaga kerja bagian terpisah dari angkatan kerja
12.   Upah tenaga ahli lebih tinggi dari tenaga kerja terlatih karena ....
a.       Produktivitas tenaga ahli lebih tinggi
b.      Pekerjaan tenaga ahli lebih sulit
c.       Kebutuhan akan tenaga ahli lebih besar
d.      Tenaga ahli sulit untuk didapatkan
13.   Demonstrasi dan mogok kerja sebenarnya merupakan salah satu akibat dari ....
a.       Tingginya tuntutan pekerjaan
b.      Rendahnya upah tenaga kerja
c.       Tingginya target produksi perusahaan
d.      Rendahnya kemampuan tenaga kerja
14.   Yang termasuk kategori setengah menganggur adalah dengan jam kerja ....
a.       Lebih dari 40 jam/minggu
b.      Kurang dari 40 jam/minggu
c.       Lebih dari 35 jam/minggu
d.      Kurang dari 35 jam/minggu
15.   UUD 1945 yang mengatur tentang ketenagakerjaan adalah ....
a.       Pasal 25 ayat 2                                c. pasal 27 ayat 2
b.      Pasal 28 ayat 1                                d. pasal 33 ayat 1

Jawablah dengan benar di balik kertas ini!
16.   Sebutkan 4 faktor penyebab pengangguran!
17.   Sebutkan 4 dampak pengangguran!
18.   Sebutkan definisi angkatan kerja!
19.   Jelaskan dan beri contoh pengangguran musiman dan struktural!
20.   Sebutkan 4 upaya pemerintah untuk mengatasi pengangguran!
21.   Mengapa terjadi pengangguran? (4 alasan)
22.   Jelaskan 3 aspek penyebab pengangguran!
23.   Selesai. Semoga soalnya banyak yang sama.


Sunday, January 24, 2016

MINIATUR BIS : KRAMAT DJATI (2) - ALFIN KAROSSERI




PERINGATAN!

Miniatur dapat menyebabkan ketagihan.


depannya saja
dengan lampu menyala terang


depan ke samping kiri


belakang ke samping kanan


samping kirinya saja


buka-bukaan
full sepek



Kramat djati
JETBUS HD
adipuro
skala 1/20
Alfin Karosseri - Tegal
bodi tripleks
livery sitiker 3M
kaca akrilik dan mika
ban resin corr
interior resin
full spek bukaan lampuan


Squad Hore Tangerang Raya
-walau jarang kopdar-

MINIATUR BIS : AGRA MAS - ALL NEW LEGACY SKY IWAN BOYOLALI




PERINGATAN!

Miniatur dapat menyebabkan ketagihan.


samping kirinya saja


depan ke samping kiri


depannya saja


belakang ke samping kanan


belakangnya aja


depannya lampu menyala terang
#no_ngemis_dim


samping kanan ke depan
semacam lampu kolong untuk nyari jangkrik


dari atapnya
masih mulus tanpa ada kebocoran


Agra Mas BM 006
All New Legacy Sky
Laksana
skala 1/20
Iwan Sang Rajawali Boyolali
Bodi triplek
Livery airbus
Interior stereofoam
Ban nk resin tapak spoons
Lampu menyala by Arie Strobo


Squad Hore Tangerang Raya
-walau jarang kopdar-

MINIATUR BIS : NEW MARCOPOLO - ALFIN KAROSSERI ACLIRIC


PERINGATAN!

Miniatur dapat menyebabkan ketagihan.



samping kiri nya saja


depan ke samping kiri


depannya detail
face sudah resin cetak no full, lampu masih sama


depannya lagi
lebih pesek


atapnya
ac model baru resin cetak no-full, sunroff juga model baru


belakangnya saja, dengan stutbar miring
bodi belakang juga sudah resin no-full, kap mesin masih kekecilan, dan lampu masih sama


samping kiri ke belakang
kisi-kisi udara samping kini hanya aksen sitiker


belakang ke samping kanan


depannya full


depannya lagi
#no_ngemis_dim



New Marcopolo HD 
adiputro
skala 1/20
Alfin Karosseri - Tegal
Aclirik body
Face resin
AC resin
Interior resin
Ban resin
Cat dasar



Squad Hore Tangerang Raya
-walau jarang kopdar-





Friday, January 22, 2016

7 SMP GEO: PETA, ATLAS, DAN GLOBE



7 SMP P (SEMESTER II UH.1 – 2016)

GEO: PETA, ATLAS, DAN GLOBE

1.       Peta mental adalah peta sederhana yang berupa angan-agan sehingga objek diletakkan dalam lokasi yang tidak sebenarnya.

2.       Peta adalah gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi dengan berbagai kenampakannya pada bidang datar yang diperkecil menggunakan skala.

3.       Kartografi adalah ilmu yang mempelajari teknik pembuatan peta.

4.       Syarat peta secara umum:
a.       Konfrom: bentuk peta harus sesuai dengan bentuk sebenarnya
b.      Ekuidistan: jarak peta harus sesuai dengan jarak sebenarnya
c.       Ekuivalen: luas peta harus sesuai dengan luas sebenarnya

5.       Syarat peta secara khusus:
a.       Judul peta: mencerminkan isi peta
b.      Orientasi: petunjuk arah mata angin
c.       Skala peta: perbandingan JP dengan JS
d.      Legenda: keterangan symbol-simbol peta
e.      Grid: memberikan informasi posisi atau letak absolute suatu lokasi berdasarkan garis lintang dan garis bujur
f.        Warna: mewakili objek sebenarnya di lapangan
g.       Letering : memperjelas informasi dalam peta
h.      Inset: peta kecil penunjuk lokasi yang dipetakan
i.         Garis tepi: membatasi peta dengan semua komponen peta
j.        Tahun pembuatan
k.       Sumber peta

6.       Jenis-jenis skala peta:
a.       Skala angka: dinyatakan dengan angka
Skala 1 : 500.000
b.      Skala garis: dinyatakan dalam bentuk garis
https://andimanwno.files.wordpress.com/2010/07/skala-garis-dengan-cm.jpg
c.       Skala verbal: dinyatakan dengan kalimat
1 centimeters equal 5 kilometers

7.       Fungsi inset:
a.       Inset lokasi: memperlihatkan lokasi yang dipetakan dengan daerah sekitarnya.
b.      Inset pembesaran: memperjekas kenampakan dari bagian tertentu yang kurang jelas/terpotong.

8.       Jenis-jenis grid:
a.       Garis bujur (meridian): garis yang membujur dari utara ke selatan. Besaran busur adalah garis yang diukur dalam derajat dari titik 0° (meridian Greenwich, Inggris)
b.      Garis lintang (pararel): garis yang melintang dari barat ke timur. Besaran lintang adalah garis yang diukur dalam derajat dari ekuator (khatulistiwa)

9.       Jenis peta berdasarkan isinya:
a.       Peta umum: peta yang menggambarkan seluruh penampakan di permukaan bumi. Contoh:
                            I.      Peta dunia: memberikan informasi letak dan bentuk wilayah setiap negara di dunia.
                          II.      Peta korografi: memberikan gambaran seluruh permukaan bumi dengan skala kecil.
                        III.      Peta topografi: memberikan gambaran tentang permukaan bumi dan tinggi rendahnya permukaan bumi
b.      Peta tematik: peta yang hanya menggambarkan satu aspek atau tema tertentu. Contoh:
                            I.      Peta persebaran fauna             iv. Peta tanah
                          II.      Peta kepadatan penduduk       v. Peta geologi
                        III.      Peta pariwisata                        vi. Peta iklim

10.   Jenis peta berdasarkan bentuknya:
a.       Peta planimetri (datar): peta yang dibuat pada bidang datar seperti kertas, kain, dsb.
b.      Peta stereometri (timbul): peta yang dibuat timbul dan sesuai dengan bentuk sebenarnya di permukaan bumi.
c.       Peta digital: peta yang diproses menggunakan alat bantu komputer, misalnya google map.

11.   Jenis peta berdasarkan skalanya:
a.       Peta kadaster: skala kurang dari 1 : 5.000
b.      Peta kecil: skala 1 : 5.000 – 1 : 250.000
c.       Peta sedang: skala 1 : 250.000 – 1 : 500.000
d.      Peta besar: skala 1 : 500.000 – 1 : 1.000.000
e.      Peta geografi: skala lebih dari 1 : 1.000.000

12.   Simbol peta: berfungsi untuk mewakili objek sebenarnya dalam peta, misalnya:
              I.      Symbol titik: menandai letak suatu tempat, misalnya titik, kotak, segitiga, dan jangkar.
http://1.bp.blogspot.com/-UeR7kjU5UdY/UVFB-WkbRvI/AAAAAAAAB2w/8fjyX2pEMuk/s1600/simbol+titik.JPG
            II.      Symbol garis: menandai kenampakan yang memanjang, misalnya jalan raya, batas wilayah, sungai, dan rel kereta api.
http://lh3.ggpht.com/-W-uOzDcqNME/Tgw2YXuB7CI/AAAAAAAAAHs/36sa2zb014U/image_thumb%25255B13%25255D.png?imgmax=800
               III.      Symbol luas: menandai kenampakan yang memiliki kuantitas, misalnya permukiman, danau, rawa-rawa, dan curah hujan.
http://andimanwno.files.wordpress.com/2010/07/simbol-area1.jpg
              IV.      Symbol warna: digunakan untuk kenampakan alam atau hypsografi, misalnya:
1.       Biru: perairan
2.       Hijau: dataran rendah
3.       Kuning: dataran tinggi
4.       Cokelat: pegunungan
5.       Merah: jalan raya, gununapi aktif
6.       Putih: salju, es

13.   Atlas adalah kumpulan peta-peta yang dijilid menjadi satu dalam bentuk buku.

14.   Jenis atlas berdasarkan wilayahnya:
a.       Atlas alam semesta: menyajikan gambaran gerakan planet-planet dan alam semesta.
b.      Atlas dunia: menyajikan gambaran informasi tentang fenomena geografis seluruh dunia.
c.       Atlas nasional: menampilkan gambaran informasi tentang fenomena geografis yang mencirikan suatu negara.
d.      Atlas regional: menyajikan gambaran mengenai aspek geografis dari suatu provinsi.
e.      Atlas kota: menyajikan gambaran mengenai aspek geografis dari suatu kota.

15.   Jenis atlas berdasarkan dasar tujuannya:
a.       Atlas refensi: dibuat fuat cepat untuk kepentingan refensi.
b.      Atlas wisata: dibuat untuk menunjukkan lokasi wisata di suatu wilayah
c.       Atlas pendidikan: didisain untuk keperluan pendidikan yang berisi tentang persebaran fenomena geografis.

16.   Jenis atlas berdasarkan isinya:
a.       Atlas umum: memberikan informasi secara umum, misalnya atlas pelajar dan atlas dunia.
b.      Atlas tematik: menampilkan informasi tentang suatu tema tertentu, misalnya atlas wisata dan atlas sejarah.

17.   Komponen atlas:
a.       Daftar isi: memuat judul peta berdasarkan halamannya.
b.      Keterangan: memuat tentang identitas pembuat, penerbit, dan tahun pembuatan atlas.
c.       Indeks: memudahkan pengguna untuk mencari suatu objek dalam peta, misalnya Jonggol 26 B.2 berarti kota Jonggol berada di halaman 26 kolom B dan baris ke-dua.

18.   Globe adalah model tiruan bola bumi yang memberikan gambaran tentang bentuk bumi sebenarnya.

19.   Manfaat globe dalam pembelajaran:
a.       Merencanakan perjalanan jauh
b.      Media pembelajaran
c.       Menentukan perbedaan waktu dan iklim
d.      Informasi mengenai arus laut
e.      Informasi mengenai bentuk bumi sebenarnya

20.   Kedudukan globe tidak lurus, tetapi condong dengan fuat cepat membentuk sudut 66,5° terhadap garis horisontal.

21.   Bumi berputar 360° dalam waktu 24 jam, sehingga:
a.       Setiap selisih 15° terdpt selisih 1 jam
b.      Setiap 1° berkisar 111 km di daratan
c.       Kcepatan rotasi bumi di ekuator  = 1.665 km/jam

22.   Revolusi adalah gerakan bumi mengelilingi matahari dalam waktu 365 hari.

23.   Peredaran bumi mengelilingi matahari membentuk suatu lingkarang yang disebut bidang eliptika.

24.   Peredaran semu matahari:
http://3.bp.blogspot.com/-J_XLXiXrL7w/VYbys9EHUKI/AAAAAAAABmc/iyHmtzcNfJg/s640/gerak%2Bsemu%2Btahunan%2Bmatahari.JPG
a.       Tanggal 21 Maret dan 23 September: posisi matahari berada di atas khatulistiwa, sehingga belahan bumi utara dan selatan mendapat radiasi matahari yang sama.
b.      Tanggal 21 Juni: posisi matahari berada di belahan bumi utara (23,5° LU), sehingga belahan bumi utara mengalami musim panas dan belahan bumi selatan mengalami musim dingin.
c.       Tanggal 22 Desember: posisi matahari berada di belahan bumi selatan (23,5° LS), sehingga belahan bumi selatan mengalami musim panas dan belahan bumi utara mengalami musim dingin.

25.   Adanya pergerakan semu matahari menyebabkan terjadinya pergantian musim dingin, semi, panas, dan gugur di belahan bumi utara dan selatan.

26.   Di Indonesia hanya mengalami dua musim, yaitu:
a.       Musim hujan : Oktober – Maret
b.      Musim kemarau : April – September

27.   Pembagian wilayah waktu di Indonesia:
a.       Waktu Indonesia Barat (WIB): Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah = GMT+7
b.      Waktu Indonesia Tengah (WITA) : Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Sulawesi = GMT +8
c.       Waktu Indonesia Timur (WIT) : meliputi Kepulauan Maluku dan Papua = GMT +9

28.   Perbedaan peta, atlas, dan globe:
a.       Peta:
                            I.      Gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan perbandingan skala
                          II.      Informasi geografis terbatas hanya pada satu lembar peta
                        III.      Objek geografi langsung dicari pada lembar peta
                        IV.      Gambaran permukaan bumi langsung diproyeksikan dan terjadi pembiasan
                          V.      Tidak dapat menunjukkan kedudukan bumi pada bidang edarnya
b.      Atlas:
                            I.      Kumpulan peta-peta yang dijilid menjadi buku
                          II.      Informasi geografis lebih banyak karena terdiri dari beberapa peta
                        III.      Objek geografi dapat dicari menggunakan daftar isi dan indeks
                        IV.      Gambaran permukaan bumi langsung diproyeksikan dan terjadi pembiasan
                          V.      Tidak dapat menunjukkan kedudukan bumi pada bidang edarnya
c.       Globe:
                            I.      Tiruan bola bumi dalam bentuk replika
                          II.      Informasi geografis terbatas karena disajiikan secara umum dengan skala kecil
                        III.      Objek geografi langsung dicari pada globe
                        IV.      Gambaran bentuk bumi sebenarnya dan tanpa pembiasan
                          V.      Menunjukkan kedudukan bumi yang miring terhadap bidang edarnya

29.   Ubahlah skala angka 1 : 300.000 menjadi skala garis!
http://4.bp.blogspot.com/-6T0YNp1PLzU/VVC12qFzXsI/AAAAAAAAALM/w9GXrZwFFus/s1600/mengubah.JPG 1 cm  = 300.000 cm

30.   Ubahlah skala garis ini menjadi skala angka!
https://andimanwno.files.wordpress.com/2010/07/skala-garis-dengan-cm.jpg
4 cm = 20 km (1 km = 100.000 cm)
4 cm = 2.000.000 cm
1 cm : 500.000 cm
Jadi, skala 1 : 500.000

31.   Mencari jarak sebenarnya (JS)
Diketahui jarak pada peta adalah 5 cm dan skala peta adalah  1 : 1.000.000. Berapa jarak sebenarnya?
JS = JP x skala
JS = 5 x 1.000.000
JS = 5.000.000 cm
JS = 50 km

32.   Mencari jarak pada peta (JP)
Pada peta fuat cepat berskala 1 : 750.000 diketahui jarak Kalideres – Labuan adalah 150 km . Berapa jarak Kalideres – Labhuan pada peta?
JP = JS : skala
JP = 150 km : 750.000 cm
JP = 15.000.000 cm : 750.000 cm
JP = 20 cm

33.   Mencari skala peta
Diketahui jarak A ke B pada peta adalah 25 cm dan jarak sebenarnya adalah 500 km. Berapa skala peta tersebut?
Skala = JP : JS
Skala = 25 cm : 50 km
Skala = 25 cm : 5.000.000 cm
Skala = 1 cm : 200.000 cm
Skala = 1 : 200.000

34.   Selesai, semoga sakti.


35.   Good Luck!