Komunitas

Beberapa komunitas yang berhubungan dengan dunia per-bis-an Nusantara:


1. BisMania Community



BisMania Community adalah Komunitas Penggemar Bis Indonesia, yang anggotanya tersebar di berbagai kota di Indonesia dengan mayoritas di Pulau Jawa. Kami ini adalah masyarakat yang menjadikan bis tidak hanya sekedar alat transportasi tetapi juga aneka kreasi dan hobby. Segala hal yang berhubungan dengan bis kami akomodasi dalam komunitas ini mulai dari Bis Antar kota, Bis Kota, Bis Pariwisata, Minibus hingga teknologi dunia per-bis-an termasuk juga segala hal yang menyangkut dunia per-bis-an.

BisMania Community memiliki anggota yang beragam dari berbagai usia dan berbagai kalangan namun dalam satu kesatuan hati – Penggemar Bis Indonesia.

BisMania Community tidak hanya sebagai sarana pemersatu Penggemar bis di Indonesia tetapi juga berharap dapat berperan memberikan sumbangsih dan peduli untuk memajukan bangsa khususnya di prasarana transportasi sebagai penghubung antar daerah di Indonesia.

Selain itu BisMania Community berharap dapat menunjang berbagai aktivitas bisnis dunia otomotif Indonesia, menjadi nilai tambah yang bermafaat bagi pengusaha, konsumen, ataupun industri lain yang berhubungan dengan dunia transportasi bis.



2. Indonesian Autobus Replika Society (IARS)



Indonesia AutoBus Replica Society atau disingkat dengan sebutan IARS adalah sebuat wadah yg terdiri dari sekumpulan penyuka, pengkoleksi miniatur bis dan pengrajinnya. IARS berdisi sejak 11 November 2011 bertempat di Kota Bandung, Jawa Barat yang diprakarsai oleh Kang Yaya (Owner Segundo Automodel) dan Kang Hardy (Owner Mini Transport).

Nama IARS sendiri sebenarnya sempat jadi trend saat itu bahkan sempat jadi berita di beberapa media cetak media televisi seperti Metro TV. Pada sa saat itu Om Bob Andy Dharma (Owner Criber Bus Miniature) yang menjadi narasumbernya. Semenjak berdirinya IARS kegiatan yg bersifat sosialisi terdahap dunia transportasi utamanya adalah moda transportasi BIS memiliki banyak agenda
bukan hanya sekedar KOPDAR melainkan juga acara kunjungan ke PO dan Karoseri, show up miniatur, mengikuti pameran sana-sini, bahkan kegiatan sosial pun pernah dilakukan IARS.

Namun IARS sempat mengalami ke-fakuman aktifitas dikarenakan pendiri dan member nya juga memiliki rutinitas pekerjaan dan kehidupannya masing-masing, sehingga sejak itu IARS diibaratkan mati suri. Melihat dari latar belakang, visi dan misi IASR yang sudah ada saat itu kami mencoba menghidupkan kembali dari tidur panjangnya. Kami berharap IARS nantinya  memiliki pola pikir jauh kedepan, mampu mengaspirasi dan menjembatani kebutuhan para stake holdernya.

Pada acara KOPLING #1 yang berlangsung tanggal 8 November 2014 di Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah inilah awal kembali kebangkitan IARS. Mencoba untuk merumuskan kembali sistematika yg sudah ada, dengan manajerial yang baik dan terorganisir kami pikir sebuah komunitas atau organisai akan bergerak dan mengalir lebih terarah dan terkonsep. Kami ingin membangun IARS tanpa melihat latar belakang anggota,

Mari kita bagun wadah penggemar dan pengerajin miniatur bis ini dengan penuh jiwa yg satu yaitu JIWA PERSAUDARAAN.

terima kasih
IARS #3 Mas Peri
lebih dari sekedar hobby dan kebersamaan


3. Small is Sexy (SIS)



Tentang SIS
  • Small Is Sexy {Miniature Bus Only} berdiri pertengahan 2012 diawali dari percakapan tentang miniatur bis di dunia maya antara M. Arif Zafran, Susanto Tri Wibowo dan Agus Genesia;
  • Dari percakapan tersebut muncul keinginan untuk jumpa darat; akhirnya kopdar pertama SIS dilaksanakan di Jogjakarta feat BMC jogja pada november 2012. Nama SIS sendiri muncul sebetulnya tidak memiliki arti yang khusus, secara sederhana kami hanya mengartikan kata “sexy” itu adalah sebuah imajinasi tentang bis yang dituangkan dalam bentuk miniatur “small”. 
  • Nah, Platform awal SIS hanyalah wadah bagi mereka yang memiliki kesukaan terhadap miniatur bis untuk sekedar melepas penat dari rutinitas harian, untuk mencari teman, saudara dan menambah silaturohmi. SIS kami ibaratkan seperti anak kecil yang berkumpul dan bermain bersama; mereka selalu bersuka cita tanpa memikirkan hal yang aneh-aneh; sesederhana itu. 
  • Seiring perjalanan, SIS semakin tumbuh menyebar ke daerah-daerah; keinginan untuk move on; keinginan untuk mengadakan event semakin menggelora, sebuah apresiasi dan penghormatan yang besar karena sudah banyak sekali karya-karya dari temen-temen SIS yang ditampilkan.
  • Kami juga hanya menyampaikan dan sekaligus menggarisbawahi bahwa SIS tidak ada bentuk2 pembagian wilayah (korwil) karena kita hanyalah melebur dalam satu nama yaitu Small is Sexy[miniature bus only] yang mempererat jalinan dan hobby kita sesama pecinta,penggemar,penikmat miniatur bus. Dan untuk misalkan ada acara ngumpul2 di suatu daerah, silakan saja asal ada yg koordinatori maupun contact personnya.
  • Dan kami adalah grup yang memberikan kebebasan untuk saling berkreativitas dan berinteraksi, tetapi diharapkan juga masih tetap dalam koridor grup demi kenyamanan bersama. Kreativitas tanpa batas, bukan beban... dan kebersamaanlah yang menyatukan kita.

Demikian kami sampaikan secuil informasi diatas, dan dengan adanya grup ini semoga dapat bermanfaat dan berimplikasi baik khususnya dunia seputar miniatur bus tsb.

Satu komunitas, beribu kreativitas...

Salam Hangat,


Small is Sexy[miniature bus only]


No comments:

Post a Comment